-

Senin, 01 Juni 2015

Senam Pramuka

senam yang diperuntukkan oleh semua anggota pramuka dan masyarakat umum. Senam yang diluncurkan pada bulan Juni 2002 ini sangat berguna untuk membentuk generasi yang sehat karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat
Senam Pramuka yang memiliki banyak gerakan variasi khas pramuka sangat penting bagi pramuka. Selain kegunaan olah fisik, senam pramuka bisa juga digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kekompakan dan kreatifitas seorang pramuka.

Dalam senam pramuka yang dilakukan bersama-sama, tentu akan kelihatan tidak enak dipandang mata jika gerakan yang dilakukan tidaklah kompak dan seirama. Seyogyanya, senam pramuka dilakukan oleh satuan pramuka secara rutin.


Ternyata senam pramuka juga di lombakan dalam POPDA tahun 2013 di Banjarmasin kemarin. Dalam lomba tersebut terdapat beberapa kategori penilaian. ” Dalam sistem penilaian kali ini pun sungguh tak biasa yang mana ada 3 penilaian yang masing-masingnya akan diberi penilaian yang dikalikan dengan 8. Disamping penilaian juga ada pengurangan poin yang meliputi kesalahan gerak pemanasan, kesalahan gerak inti, kesalahan gerak pendinginan yang masing-masing ditampilkan oleh peserta “, ungkap Didi selaku juri yang dengan teliti memperhatikan.

Masing-masing sekolah yang ikut Senam pramuka satu kelompoknya atau tim terdiri dari 10 pelajar. Didi kembali menambahkan ” selain 3 penilaian tadi juga ada nilai spesial yang menunjang untuk menambah nilai, diantaranya keseragaman yang mana seragam dan keserasian juga menjadi faktor nilai.

Tidak hanya di POPDA tahun 21013 di Banjarmasin saja senam Pramuka di lombakan. Dalam hari ulang tahun (HUT) Pramuka yang ke 52 kemarin,senam Pramuka juga di lombakan di Kwarcab Muba. Masih dalam rangkaian kegiatan memeriahkan HUT Ke-52 Gerakan Pramuka Tahun 2013 di Kabupaten Musi Banyuasin, selain mengadakan lomba pramuka berprestasi 2013, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Musi Banyuasin juga mengadakan lomba senam pramuka yang dilaksanakan tanggal 7 September 2013 mulai pukul 07.30 wib hingga selesai di lapangan sekretariat Kwarcab Muba.

Peserta lomba merupakan barung/regu/sangga yang terdiri dari 6 orang per tim, dimana tiap kwartir ranting (kwarran) mengirimkan maksimal enam tim masing-masing tiga tim putra dan tiga tim putri meliputi tingkat siaga, penggalang dan penegak.

berikut adalah video senam pramuka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar